Teknologi Dengan Prakiraan Cuaca Ekstrim

Teknologi Prakiraan Cuaca Ekstrim. Teknologi baru yang meningkatkan waktu peringatan untuk tornado dan badai berpotensi menyelamatkan ratusan nyawa setiap tahun. Cuaca ekstrem yang lebih kuat atau lebih sering kemungkinan akan terjadi di bawah perubahan iklim. Seperti hujan lebat yang lebih deras dan angin topan yang lebih kuat.

Baca Artikel Lainnya : http://www.ecoistabode.com/

Teknologi Prakiraan Cuaca Ekstrim

Prediksi cuaca yang membaik, oleh karena itu, akan sangat penting untuk memberi masyarakat lebih banyak waktu untuk bersiap menghadapi badai berbahaya, menyelamatkan nyawa, dan meminimalkan kerusakan infrastruktur.

 Teknologi prakiraan cuaca radar baru akan memungkinkan peramal untuk lebih “melihat” cuaca ekstrem. Seperti halnya potensi peningkatan teknologi satelit, serta model komputer yang berjalan pada superkomputer yang lebih kuat.

Waktu peringatan yang lebih lama hanya efektif ketika dipasangkan dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat orang menanggapi peringatan, semua bagian dari upaya untuk membangun “negara yang siap menghadapi cuaca.

Teknologi prakiraan cuaca untuk meramalkan cuaca ekstrem telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Tetapi para peneliti sedang bekerja untuk meningkatkan radar, satelit dan superkomputer. Gunanya untuk memperpanjang waktu peringatan untuk tornado dan badai petir dan untuk lebih menentukan intensitas badai dan meramalkan banjir.

Kekuatan Radar

Radar bekerja dengan mengirimkan gelombang radio yang memantulkan partikel di atmosfer, seperti tetesan hujan atau es atau bahkan serangga dan debu. Dengan mengukur kekuatan gelombang yang kembali ke radar dan berapa lama perjalanan pulang pergi, peramal dapat melihat lokasi dan intensitas curah hujan.

Mata di Langit

Tanpa pengamatan satelit yang lebih terperinci, teknologi prakiraan cuaca memperluas jangkauan prakiraan cuaca yang akurat. Terutama untuk peristiwa ekstrem seperti angin topan akan sangat dibatasi. Pemantauan cuaca membutuhkan dua jenis satelit: geostasioner dan mengorbit kutub.

Apa Saja Teknologi Prakiraan Cuaca Ekstrim?

Satelit geostasioner yang tetap terpaku di satu tempat pada ketinggian sekitar 22.000 mil. Satelit tersebut mentransmisikan pandangan permukaan Bumi yang hampir kontinu. Dengan menggunakan loop gambar yang diambil dalam interval 15 menit. Peramal dapat memantau badai yang tumbuh cepat atau mendeteksi perubahan badai (tetapi bukan tornado).

Miliaran Data

Setiap teknologi prakiraan cuaca yaitu radar dan satelit baru dapat meningkatkan waktu peringatan beberapa menit. Tetapi menggabungkan data yang berasal dari semua sistem ini ke dalam peramalan model komputer dapat memberikan waktu lebih banyak. Peringatan untuk tornado, misalnya, dapat dikeluarkan hingga satu jam sebelumnya.

Model peramalan didasarkan pada hukum fisik yang mengatur gerakan atmosfer, reaksi kimia, dan hubungan lainnya. Mereka menghancurkan jutaan angka yang mewakili cuaca saat ini dan kondisi lingkungan, seperti suhu, tekanan, dan angin  untuk memprediksi keadaan atmosfer di masa depan.

Bayangkan sebuah grid yang terletak di atas permukaan planet. Beberapa ratus kaki di atas itu berlapis-lapis sampai ke puncak stratosfer sekitar 30 mil ke atas. Teknologi prakiraan cuaca memiliki jutaan baris kode diperlukan untuk menerjemahkan miliaran titik kisi yang sedang diamati.

Sains Yang Baik Dapat Memberi Keputusan Yang Lebih Baik

Tujuannya adalah pada tahun 2021 kota-kota yang dibangun kembali dan berkembang akan menerima peringatan tornado parah lebih dari satu jam sebelumnya. Keluarga akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul dan mendapatkan ruang aman. Rumah jompo dan rumah sakit akan mampu memindahkan penghuni dan pasien ke tempat penampungan.

Teknologi prakiraan cuaca sepeti ponsel akan berdenyut dengan banyak pesan untuk mencari perlindungan sementara para ahli meteorologi setempat menyiarkan peringatan serupa di televisi dan radio. Panggilan nyaring sirene tornado akan memperkuat urgensi peringatan ini. Akibatnya, bahkan tornado alam yang paling kuat akan melewati kota tanpa kehilangan nyawa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *