6 Hal Ini Hanya Dirasakan Siswa International School Jakarta

6 Hal Ini Hanya Dirasakan Siswa International School Jakarta –  Anda yang tidak pernah merasakan belajar di sekolah internasional mungkin bertanya-tanya seperti apa kegiatan selama pembelajarannya. Pengalaman belajar di sekolah internasional ternyata memberi kesan tersendiri. Banyak hal berbeda yang hanya akan Anda rasakan di sekolah internasional. Apa sajakah hal tersebut? Simak ulasan berikut.

International School Jakarta

Baca juga artikel lain : http://www.ecoistabode.com/

Pembelajaran yang Interaktif

Di International School Jakarta Anda akan mendapatkan ruang yang sangat luas untuk mengungkapkan isi pikiran. Tidak hanya pengajarnya saja yang berbicara di depan kelas. Proses pembelajaran di sekola internasional terasa lebih hidup karena terjadi interaksi dua arah antara guru dengan muridnya. Sekolah internasional mampu menghadirkan guru yang memiliki kemampuan berbicara yang interaktif.

Mereka tahu bagaimana cara menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, sehingga siswanya pun tidak akan merasa bosan saat pembelajaran berlangsung.

Tidak ada IPA dan IPS

Penjurusan IPA dan IPS merupakan penjurusan dalam kurikulum sekolah nasional. Sedangkan kurikulum yang digunakan di International School Jakarta adalah Cambridge dan International Baccalaureate (IB). Sudah tentu penjurusan dan mata pelajarannya pun akan berbeda. Kurikulum internasional memiliki perbedaan konsep yang cukup jauh dengan sekolah nasional.

Terbiasa Berbicara Bahasa Inggris

Berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya menjadi hal yang lumrah di sekolah internasional.  Hal tersebut menjadi pembeda dari sekolah nasional yang ada di Indonesia. Meskipun demikian, di luar pembelajaran berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya tidak lagi menjadi hal yang wajib.

Apa Keuntungan Belajar dengan International School Jakarta?

Berteman dengan Warga Negara Asing

Elementary school Jakarta dan sekolah nasional lain mayoritas memiliki siswa yang berasal dari Indonesia. Berbeda halnya dengan sekolah internasional. Sekolah dengan title internasional menampung siswa dari negara manapun. Hal ini mengharuskan Anda untuk berteman dengan mereka yang berasal dari berbagai negara. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sekolah internasional mewajibkan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

Kurikulum Internasional Namun Tetap Ujian Nasional

Meskipun berstandar internasional, sekolah internasional di Indonesia harus tetap mengikuti peraturan yang ada. Menurut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.31/2014 menjelaskan bahwa sekolah yang disebut sebagai Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) tetap mewajibkan melaksanakan Ujian Nasional bagi peserta didik yang berkewarganegaraan Indonesia.

Beban Ujian Lebih Berat

Karena menggunakan kurikulum nasional, pelajaran yang harus diserap di sekolah internasional terbilang cukup berat jika dibandingkan dengan pelajaran di sekolah nasional. Terdapat dua bentuk ujian pada setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah internasional yaitu ujian teori dan studi kasus. Ujian semakin terasa lebih berat lagi dengan adanya ujian pembuatan esai (extended essay), dimana ujian ini harus dibuat sepanjang 4000 kata.

Itulah 6 hal yang hanya akan dirasakan di sekolah internasional. Dari keenam hal tersebut terlihat jelas bukan perbedaannya dengan elementary school Jakarta dan sekolah nasional lainnya? Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sekolah Internasional?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *